Sabtu, 04 Agustus 2018

Google Integrasikan Spotify dengan Alarm

Google Integrasikan Spotify dengan Alarm


Sibray - Google baru saja mengumumkan integrasi aplikasi jam besutan Google (Clock App) dan Spotify versi Android.

Integrasi tersebut memungkinkan pengguna memasang nada dering alarm di Clock App dari playlist pengguna di Spotify.

Lagu yang dipilih merupakan lagu yang terakhir diputar di Spotify. Semua pengguna Spotify, baik premium maupun gratisan bisa menjajal fitur ini.

Google menjanjikan fitur tersebut mulai digulir pekan ini bagi pengguna Spotify Android 5.0 (Lollipop) dan versi di atasnya.

Sebelum muncul, 9 to 5 Google telah mendekompilasi data APK yang diunggah Google di Play Store untuk mengetahui bagaimana cara kerja fitur ini, sebagaimana dirangkum, Sabtu (4/8/2018).

Caranya, pastikan aplikasi Jam yang terpasang di ponsel Android Anda adalah aplikasi jam default dari Google, jika belum ada bisa menginstalnya melalui tautan ini.

Jika telah tersedia, perbarui ke versi Clock 5.3 di Google Play Store. Pastikan pula Spotify telah diperbarui ke versi paling baru.

Kemudian, buka Clock App lalu gulir ke bawah. Pilihlah "sound alarm" (nada alarm) dan lanjutkan pilih "Spotify". Pengguna akan diminta untuk menghubungkan akun Spotify dan mengijinkan akses Spotify ke Clock App.

Nantinya akan muncul lagu, album, dan daftar lagu sesuai yang terkahir diputar pengguna di Spotify. Pengguna bisa memilih lagu yang diinginkan untuk menjadi alarm.

Selain daftar putar terakhir, ada pula beberapa playlist bertema pagi hari yang bertujuan menjadi pembangkit semangat untuk mengawali hari.

"Ganti nada alarm klasik dengan lagu favoritmu, soundtrack yang menenangkan atau melodi pembangkit semangat," tulis Google dalam keterangan tertulisnya.

Nantinya, ketika alarm berbunyi, Clock App akan menggunakan artwork di beberapa lagu terpilih sebagai latar belakang alarm, serta judul lagu berada di bar bagian bawah.

Ketika alarm dihentikan, notifikasi playback akan muncul, sehingga pengguna bisa melanjutkan mendengarkan lagu nada alarm tersebut di Spotify.

Ke depan, Google dikabarkan akan mengintegrasikan Clock App ke aplikasi streaming musik besutan YouTube, yakni YouTube Music.