Rabu, 15 Agustus 2018

Keren Bray!, Teknologi 5G Akhirnya Resmi dioperasikan di Indonesia

KKeren Bray!, Teknologi 5G Akhirnya Resmi dioperasikan di Indonesia


Sibray - Baru beberapa tahun teknologi 4G LTE diterapkan di Indonesia, kini sudah ada lagi teknologi lanjutannya yang melayani warga Indonesia.

Telkomsel menghadirkan pengalaman teknologi revolusioner 5G di ‘Telkomsel 5G Experience Center’ sebagai sebuah bentuk dukungan atas roadmap pemerintah Making Indonesia 4.0 atau jadikan Indonesia 4.0.

Peluncuran dilakukan di areal arena Asian Games 2018, Rabu (8/8/2018).

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, Telkomsel akan terus untuk membangun Indonesia dengan berinvestasi menghadirkan teknologi 5G demi meningkatkan produktivitas dan efisiensi bangsa sejalan dengan upaya pemerintah menuju Indonesia 4.0.

Melalui teknologi 5G, Telkomsel akan menghadirkan berbagai revolusi industri yang akan memperkuat Indonesia dalam berbagai bidang.

"Adapun contoh yang merupakan bentuk di berbagai industri yang dapat diciptakan seperti remote surgery dalam bidang medis, autonomous car dalam bidang transportasi, serta robotic manufacturing dalam bidang manufaktur," kata Ririek.

Disebutkannya, kemajuan teknologi 5G akan merubah cara kerja dengan tidak menggunakan manusia sebagai komponen utama. Implementasi teknologi 5G akan lebih optimal bila digunakan mesin dalam menghadirkan layanan IoT.

Kemajuan teknologi 5G akan memunculkan berbagai macam teknologi revolusioner. Sektor industri nasional memerlukan inovasi terutama dalam aspek penguasaan teknologi yang menjadi kunci penentu daya saing di era Industri 4.0.

Adapun lima teknologi utama yang menopang pembangunan sistem Industry 4.0, yaitu Internet of Things, Artificial Intelligence, Human–Machine Interface, teknologi robotik dan sensor, serta teknologi 3D Printing.

“Mengetahui bahwa teknologi ini merupakan sebuah revolusi yang akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat luas, Telkomsel memperkenalkan teknologi ini untuk pertama kalinya di Telkomsel 5G Experience Center guna memberikan ilustrasi seperti apa implementasi teknologi 5G di masa depan, selama perhelatan Asian Games 2018, di Jakarta”, ungkap Ririek.